AC mobil anda yang dipakai setiap hari secara rutin tentu tidak mungkin terus-terusan bisa digunakan secara normal. Apalagi yang tidak melakukan service AC mobil secara berkala, tentu bagian pendingin mobil ini bisa tiba-tiba rusak kapan saja.

Ketika AC mobil Anda rusak tentu perjalanan yang tadinya nyaman saja menjadi terganggu. Apalagi untuk daerah Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Di dalam mobil dalam jangka waktu yang lama pada siang hari, tentu membuat anda kegerahan. Penting bagi anda pemilik mobil untuk mengetahui apa saja yang bisa jadi sumber masalah ketika AC mobil rusak. Karena ketika AC mobil rusak dan anda tahu apa saja masalahnya bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Kali ini akan dibahas beberapa penyebab AC mobil yang tiba-tiba rusak.

 

1. Udara Tidak Dingin

Sumber masalah pada AC mobil yang cukup sering terjadi adalah udara dari AC yang keluar tapi sudah tidak dingin lagi. Mulai dari kompresor yang tidak berfungsi dengan baik, kebocoran freon, motor blower yang sudah tidak berfungsi hingga evaporator yang mengalami kerusakan.

Namun udara yang tidak dingin bisa juga disebabkan karena bocornya vakum, hingga tersumbatnya tabung ekspansi. Ketika hal ini terjadi pertolongan pertama bisa dilakukan dengan membawa mobil ke service AC mobil.

 

2. Aliran Udara Yang Semakin Rendah

AC mobil yang bekerja secara normal tentu akan mengalirkan udara sejuk. Tapi ada kondisi dimana udara yang keluar dari AC mobil terasa semakin rendah. Hal tersebut bisa saja terjadi karena jamur yang menyumbat inti evaporator ketika proses pendinginan. Jika ini terus-menerus terjadi maka evaporator akan mengalami kelembaban dan kesulitan untuk mencapai ventilasi.

Namun saluran udara yang lemah bisa juga disebabkan karena selang yang lepas. selang yang lepas biasanya terjadi pada selang blower yang meneruskan udara ke Unit blower.  Service AC mobil perlu dilakukan sedini mungkin jika terjadi hal ini.

 

3. AC Berbau

Sumber masalah yang juga kerap terjadi pada AC mobil adalah munculnya bau pada AC. bau tidak sedap tersebut tentu akan mengganggu anda dan para penumpang di dalamnya. Bau ini umumnya akibat dari filter kabin yang kotor dan sudah tidak bekerja dengan baik.

Bisa juga Karena evaporator yang berjamur sehingga udara pada AC mobil jadi berbau. Udara yang ditimbulkan tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan anda. Untuk mengatasi hal ini anda bisa langsung melakukan perawatan ke service AC mobil.

 

4. Udara Keluar Menjadi Hangat

Masalah training kerap terjadi pada AC mobil anda yaitu udara yang keluar dari AC mobil awalnya dingin tapi lama-kelamaan menjadi hangat. Jika  ini terjadi penyebabnya ada beberapa hal. Yang pertama tentu adalah katup ekspansi tersumbat sehingga refrigerant tidak mampu mengalirkan evaporator. Selanjutnya yang terjadi adalah refrigerant akan membekukan klep.

Bisa juga karena kopling tidak langsung terhubung dengan kompresor di AC mobil. Karena tidak terhubung maka kompresor tidak mampu mempertahankan tekanan udara jadi udara yang dihasilkan cenderung hangat. Selanjutnya bisa juga karena terjadi kebocoran akibat adanya uap air atau kerusakan. Ketika AC mobil lembab dan zat zat pendingin bercampur maka asam korosif akan menggerogoti segel dan komponen lainnya pada AC mobil sehingga menyebabkan kebocoran.

 

Nah demikian beberapa sumber masalah yang umumnya terjadi pada AC mobil. Untuk Anda yang tidak menginginkan hal di atas terjadi, maka lakukan perawatan di service AC mobil terpercaya yaitu Supercar.id. Karena di bengkel ini, AC mobil anda akan ditangani oleh para mekanik yang profesional dan berpengalaman.