Terdapat banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis obat sariawan yang dijual di apotek. Namun, Anda tidak bisa sembarang menggunakannya, karena antar satu obat dengan yang lain cara pemakaiannya belum tentu sama. Hal ini bergantung pada jenis sariawan yang Anda derita, sehingga Anda harus teliti sebelumnya.

 

Selain itu, Anda juga harus menggunakan obat tersebut sesuai dengan instruksi yang terdapat pada kemasan ataupun sesuai dengan resep yang disarankan oleh dokter. Adanya sariawan pasti sangat mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan, sehingga sangat penting untuk memahami dengan baik cara pemakaian setiap jenis obat agar tidak terjadi kesalahan yang justru memperparah luka sariawan.

 

Berikut Ini Beberapa Macam Obat Sariawan

 

1. Obat Sariawan yang Dikonsumsi dengan Cara Diminum

Pada beberapa kasus sariawan, dokter lebih menyarankan untuk menggunakan obat sariawan yang dikonsumsi dengan cara diminum. Biasanya hal tersebut dilakukan terhadap pasien yang belum juga sembuh dengan penggunaan jenis obat lain, yakni obat oles dan obat kumur. Namun, obat ini tentu harus ada resep dari dokter.

 

2. Obat Sariawan yang Pengaplikasiannya Dengan Cara Dioleskan

Jenis obat sariawan ada pula yang cara pengaplikasiannya dengan cara dioleskan. Terdapat beberapa bentuk obat, diantaranya cairan, krim, dan gel. Penggunaan obat tersebut selain mempercepat penyembuhan, juga dapat membantu dalam mengurangi rasa perih yang disebabkan karena luka pada sariawan.

 

Terdapat berbagai obat yang bisa Anda gunakan. Namun, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih produk tertentu. Sebab, tidak semua sariawan membutuhkan penanganan yang sama. Anda dapat pula menggunakan Aloclair dalam bentuk gel. Bahkan kandungan yang ada pada produk tersebut terjamin keamanannya.

 

3. Obat Sariawan yang Dipakai Sebagai Obat Kumur

Pada kondisi sariawan tertentu, dokter menyarankan pasiennya untuk menggunakan jenis obat  berupa cairan yang dipakai sebagai obat kumur. Biasanya obat tersebut memiliki kandungan berupa zat steroid deksametason. Kandungan ini dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi.

 

Di samping itu, penggunaan obat kumur juga dapat membantu meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan dari luka sariawan. Bahkan jika dilakukan secara rutin dan sesuai resep, pemakaian obat kumur ini dapat menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat. Anda bisa memakai produk Aloclair yang khusus digunakan sebagai obat kumur sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

 

4. Obat Sariawan Tanpa Bahan Kimia

Selain penggunaan beberapa produk yang dapat membantu penyembuhan sariawan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Beberapa diantaranya yaitu garam dan es batu. Anda dapat mencampur garam dengan air sehingga menjadi larutan yang dapat digunakan sebagai obat kumur.

 

Sedangkan es batu dapat Anda gunakan untuk mengompres luka sariawan, sehingga rasa sakit yang ditimbulkan dari luka dapat tersamarkan. Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan yang baik bagi proses penyembuhan sariawan Anda, seperti zinc, folat, serta vitamin B6 dan B12.

 

Itulah beberapa jenis obat sariawan yang bisa Anda gunakan ketika Anda mengalami sariawan. Karena Anda telah memahami bahwa sakit ini sangat mengganggu, tentu Anda tak ingin sering mengalaminya. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi cukup vitamin dan menjaga kebersihan rongga mulut Anda sebaik-baiknya supaya Anda tidak kembali mengalami sariawan yang dapat mengganggu aktivitas Anda.