PaDi UMKM telah meluncur di Indonesia pada Agustus 2020 dengan tujuan mengembangkan pelaku usaha UMKM agar siap Go Digital dan mendapatkan pembeli yang pasti yaitu pihak BUMN. Sembilan BUMN yang telah bergabung pada platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini memiliki tujuan pembelanjaan yang harus sering dilakukan sebagai target kementerian BUMN untuk membantu UMKM agar mampu bertahan ke depannya terutama di masa pandemi.

Salah satu fitur yang menarik dalam platform digital jual barang dan jasa BUMN ini, ialah Control Tower Dashboard. Dikutip dari website resmi di padiumkm.id, Control Tower Dashboard adalah salah satu fitur PaDi UMKM yang menyajikan informasi terkait UMKM dan pembelanjaan BUMN terhadap UMKM secara komprehensif.

Control tower dashboard ini memiliki tujuan, dengan adanya Control Tower Dashboard, Pemerintah akan mendapatkan insight berbasis data yang akurat dan real time, sehingga akan memudahkan untuk pembuatan kebijakan, pemberian insentif dan aturan baru pada ekosistem UMKM. Data tersebut tentu akan membuat sistem transaksi menjadi lebih transparan dan aman saat digunakan.

Informasi yang dapat diambil dari fitur control tower dashboard ini adalah Menu Summary yaitu gambaran dari keseluruhan informasi penting pada Control Tower Dashboard yang divisualkan dalam format high level, sehingga para executive Kementerian BUMN dapat melihat dengan lebih cepat, tepat, dan akurat. Menu BUMN, analisa kondisi project di setiap perusahaan BUMN dimana kita dapat melihat tren jumlah project dan tren nilai project yang disalurkan untuk UMKM dengan detail.

Menu UMKM, analisa kondisi project yang dikerjakan oleh UMKM Indonesia, dengan membedakan UMKM berdasarkan jenis dan level. Menu UMKM B2B & B2C Profile, analisa profil dan perilaku rinci dari masing-masing UMKM yang pernah bekerjasama dengan BUMN.

Menu PaDi UMKM B2B & PaDi UMKM B2C, menu untuk UMKM B2B yang terdaftar dalam platform PaDi UMKM untuk melihat kondisi pembeli dan penjual di platform PaDi UMKM B2B dan PaDi UMKM B2C secara komprehensif.

Menu Pembiayaan UMKM, menu untuk monitoring fitur pembiayaan yang tersedia dalam platform PaDi UMKM. Pada menu ini, kita dapat melihat secara komprehensif bagaimana kondisi eksosistem pembiayaan di platform PaDi UMKM.

Control Tower Dashboard bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dan Kementerian BUMN sebagai dasar analisa untuk penentuan kebijakan dan bagi UMKM untuk melihat transaksi maupun aktivitas lain yang terjadi di ekosistem PaDi UMKM. Untuk mengakses fitur Control Tower Dashboard, silakan login ke http://control.padiumkm.id/login dengan mengisi username, password, serta kode yang terlihat pada kotak capcha lalu klik enter atau tekan tombol Sign In berwarna biru.

Perlu diketahui, PaDi UMKM terdapat dua macam yaitu PaDi UMKM B2B yang merupakan platform untuk mempertemukan BUMN dengan produk lokal berkualitas milik BUMN yang dapat ditransaksikan secara B2B. Selanjutnya, PaDi UMKM B2C yang mana membantu UMKM baik binaan BUMN maupun UMKM mandiri untuk mengakses pasar B2C melalui berbagai marketplace dengan pengelolaan produk dan transaksi yang terpusat. Kemudian PaDi UMKM juga memiliki PaDi UMKM Financing yang merupakan fitur pengajuan modal pinjaman bisnis yang dapat membantu UMKM untuk berkembang dan meningkatkan kapabilitas.