Ketika pompa air di rumah Anda sedang rusak Maka Anda membutuhkan jasa service pompa air. Kerusakan pada pompa air ada macam-macam bentuknya. Namun ada satu kerusakan yang umumnya terjadi yaitu pompa air konslet. Konslet yang terjadi pada pompa air anda ternyata disebabkan oleh beberapa hal. Sebelum memanggil jasa service atau mengganti pompa air yang baru, simak dulu penyebab pompa air konslet agar anda tahu cara penanggulannya.

  1. Kapasitor Mati

Jenis pompa air ada banyak, namun ketika pompa konslet masalah umum yang terjadi yaitu pada kapasitornya yang mati atau lemah. Sebaiknya gunakan multitester untuk pengecekan apakah memang bagian kapasitor dari pompa air bermasalah. Jika sudah diketahui bahwa kapasitor mati maka sebaiknya ganti komponen ini.

  1. Motor Dinamo Terbakar

Pompa air terbaik di rumah Anda mengalami masalah mungkin saja karena motor dinamonya mengalami kebakaran. Motor dinamo bisa terbakar di akibatkan aa pompa air terendam atau terkena dampak banjir. Bisa juga disebabkan adanya korsleting listrik sehingga terdapat pengaruh tegangan tinggi atau rendah pada pompa. Ketika motor dinamo terbakar maka sebaiknya panggil tukang service pompa air.

  1. Bagian Otomatis Rusak

Hal lain yang bisa menyebabkan konslet adalah bagian otomatis yang menempel pada mesin. Bagian ini punya fungsi memantau aliran air, saat air sudah penuh maka otomatis alat ini akan berhenti. Nah saat alat otomatis rusak maka bisa menyebabkan mesin pompa air mati total. Langkah perbaikannya yaitu dengan mengganti otomatis yang lama dengan yang baru.

  1. Kabel Utama Terputus

Saat kabel utama terputus, juga menjadi salah satu penyebab mengapa pompa air mengalami konslet. Kabel utama adalah penghubung antara pompa air dan juga sumber listrik. Umumnya kabel ini putus akibat terkena hujan, panas matahari dan juga dimakan tikus. Perhatikan bagian kabel mana yang putus lalu perbaiki bagian kabel yang rusak tersebut dengan menggunakan isolasi khusus atau menggantinya dengan kabel baru.

Demikian beberapa masalah yang muncul ketika pompa air mengalami konslet. Meski pada masalah di atas, pompa air bisa diganti perbaiki sendiri namun jika anda tidak punya keahlian di bidang tersebut maka bisa memanggil jasa service pompa air. Jasa ini bisa anda temukan dengan mudah melalui platform Sejasa.com yang akan mencarikan tukang service profesional.