Setiap bisnis tentunya mempunyai tujuan agar bisa mengembangkan sayapnya hingga ke internasional. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan kemudahan yang ditawarkan sekarang ini dan bisa dimanfaatkan untuk membantu bisa menembus pasar global. Sekarang ini bisnis memang mempunyai peluang terbuka untuk menembus pasar internasional dengan cakupan lebih luas yaitu dunia. Sehingga untuk distribusinya bisa untuk menembus ke berbagai negara di dunia. Hal tersebut yang dimaksud dengan pasar global yang bisa ditembus dan diraih dengan business strategy yang tepat dan efektif.
Pasar global sendiri mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini:
- Ciri pertama adalah mempunyai calon pembeli dan penjual. Perdagangan atau bisnis tentunya merupakan pertemuan untuk mempertemukan demand dan supply. Termasuk juga pasar global yang mempunyai ciri dengan adanya komoditas yang ditawarkan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
- Ciri kedua adalah adanya produk yang ditawarkan dan bisa didapatkan secara global, utamanya bisa dibeli secara online yang menawarkan kemudahan untuk mendapatkannya.
- Ciri selanjutnya adalah adanya permintaan dan penawaran yang mempunyai proses yang panjang untuk mempertemukan hal tersebut. Mulai dari dokumen untuk meminta penawaran, surat penawaran, dan juga lainnya yang digunakan perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen di pasar global.
- Ciri terakhir adalah adanya interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Interaksi tersebut terjadi secara langsung seperti expo atau bazaar ataupun tidak langsung menggunakan sarana seperti email dan e-commerce yang memberikan pelayanan secara global.
Dengan business strategy yang tepat untuk bisa masuk ke internasional, bisnis sendiri akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti berikut:
- Mempunyai konsumen yang lebih luas sehingga banyak orang yang mengagunkan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
- Akan sangat membantu untuk mempunyai keuntungan yang meningkat dengan pendapatan yang lebih besar ketika sudah memperluas pasar yang dipunyai.
- Bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis yang baru dari perkembangan produk dan jasa yang ditawarkan.
- Dengan persaingan global yang juga lebih ketat dan kuat, maka perusahaan akan berusaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas sehingga menjaga kepuasan pelanggan.
- Dapat mendorong eksistensi sehingga lebih dikenal di pasar yang lebih luas.
Untuk bisa menembus pasar global tersebut bisa memperhatikan hal berikut ini:
- Pertama adalah dengan memeriksa alur kas yang dipunyai oleh perusahaan.
- Selanjutnya bisa untuk mengetahui peluang pasar yang dipunyai dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu yang dilakukan dengan matang dan menggunakan tim profesional.
- Dapat untuk menggunakan strategi bisnis yang tepat.
- Dapat merencanakan pemasaran yang efektif.
- Dapat menyiapkan modal yang dibutuhkan.
Bisnis juga perlu memperhatikan tantangan yang akan dihadapi ketika membuka peluang bisnis di pasar global. Mulai dari bahasa yang dibutuhkan untuk bisa mengkomunikasikan tujuan produk ke konsumen. Selain itu mengenai regulasi dan pajak, biaya yang mempunyai nilai mata uang berbeda, dan juga proses yang perlu dihandling dengan baik. Dengan riset terlebih dahulu dan persiapan yang matang bisa membantu untuk mengatasi dan menghindari permasalahan yang bisa muncul ketika memasuki pasar global tersebut.
Selain itu, cara untuk menghindari permasalahan juga bisa untuk mempunyai kemampuan dan persiapan yang matang untuk menentukan business strategy di pasar global. Hal tersebut didapatkan dengan mendapatkan pelatihan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam strategi bisnis termasuk juga global strategy. Pelatihan strategi bisnis tersebut dapat diikuti di Prasmul-ELI yang bisa memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk pesertanya agar dapat menentukan strategi bisnis yang bisa diimplementasikan untuk kebutuhan perusahaan.